Play Hard , Learn Hard

Sunday, July 30, 2017

Intel Vs AMD : Pertarungan Tak Berujung " Mana Jagoan Kalian ?"




Sedikit ulasan tentang Intel & AMD



Assalamaualaikum Wr. Wb

Baik AMD maupun Intel ditempatkan dalam medan pertarungan di mana mereka berdua menyediakan jawaban atas permintaan pengguna yang membutuhkan prosessor untuk menangani berbagai macam task yang berbeda. Mereka berdua sebetulnya berada di tengah meledaknya penjualan perangkat berbasis mobile (smartphone), di mana di tengah kondisi semacam itu, pasar PC Desktop cenderung stagnan, sementara penjualan laptop sedang naik secara global. Zaman dulu, Intel memiliki reputasi cemerlang di bidang mobile computer berkat platform Centrino, sementara kompetitornya merilis AMD Turion yang menempati posisi kedua. Pertarungan keduanya terus berlanjut, guna memenangkan hati pasar yang tahu bahwa mobilitas (sekaligus efektivitas) menjadi masa depan dunia komputasi.

DI tengah pertarungan dua raksasa, Intel berada di depan dan memulai segalanya dengan kekuatan yang relatif lebih dahsyat dibandingkan AMD. Anda mungkin masih ingat produk seperti netbook? Sebelum kehadiran netbook, perangkat laptop di bawah 5 jutaan bukanlah pilihan bagi kebanyakan orang. Di rentang harga tersebut, orang hanya akan menemukan perangkat laptop yang lamban dan gemuk, dengan kapasitas baterai terbatas. Ketika netbook pertama dirilis, yakni ASUS Eee PC701, beratnya di bawah satu kilogram, dan perangkat tersebut sudah sangat memadai untuk menjalankan task sederhana. Tebak prosessor apa yang dibenamkan di dalamnya? Tidak lain adalah Intel Celeron.

Pada contoh sederhana seperti netbook, Intel berhasil meraup hasil yang lebih tinggi dibandingkan AMD. Dan Intel berhasil memaksimalkan kekuatan kapitalnya dengan prosessor Atom, prosessor kelas bawah yang paling murah. Ketika konsumen mengharapkan laptop kecil dan berharga murah, Intel menyediakannya dengan performa baik di kelas spesifik. Akan tetapi pertarungan antara Intel dan AMD bukan hanya di wilayah penjualan, melainkan juga pada soal yang lebih krusial bagi pasar para gamers: kehadiran perangkat yang mampu memuaskan hasrat gaming sampai titik puncak.Di wilayah tersebut, AMD menampakkan dominasi yang lebih kentara. Untuk orang yang mengharapkan kartu grafis yang lebih kuat, AMD memiliki jawaban yang lebih signifikan. Sebagai contoh: AMD memiliki Radeon RX480, sebuah GPU yang harganya di bawah 2 jutaan. Pasar GPU bukan hanya ditawarkan untuk komputer desktop saja, melainkan juga untuk konsol seperti PlayStation 4 dan XboX One. Lebih jauh lagi, AMD juga mensuplai GPU untuk konsol Nintento Wii U.

Lalu pilih yang mana ?

Bila Anda bermaksud membangun sebuah PC Desktop, maka pilihannya jatuh di antara Intel dan AMD. Tentu saja keduanya menjadi rumit. AMD jelas bisa menjadi pilihan untuk orang yang hanya mampu membangun desktop dengan biaya rendah, terutama karena beberapa produk AMD menawarkan kelebihan di situ.

Tetapi perkaranya menajdi berbeda ketika Anda ingin membangun PC high-end. Kendati dulu CPU high-end besutan AMD terbukti lebih rendah kemampuannya dibandingkan Intel, namun produk terbaru seperti Ryzen sepertinya cukup untuk menarik perhatian. Ia mampu menantang produk flagship dari Intel seperti Core i7. Hanya saja, masih diperlukan waktu untuk membuktikan apakah Ryzen benar-benar mampu mengalahkan Intel dari segi performa.

Untuk saat ini, mungkin akan menjadi lebih masuk akal untuk memilih PC dengan platform berbasis Intel. Untuk komputasi harian yang lumayan kuat performanya, Intel Core i5 bisa menjadi pilihan. Sementara untuk menangani proses render, serta video editing, Intel Core i7 adalah jawabannya. Dan bagi para gamers, sebaiknya pilihlah CPU kelas menengah dan habiskan lebih banyak uang untuk kartu grafis yang kemampuannya lebih baik. Sebab mayoritas game masih belum memerlukan keuntungan dari sistem prosessor multi-core, terutama produk yang memiliki lebih dari empat core di dalam satu tubuh.

Kelebihan dan kelemahan keduanya .


  1. Set instruksi pada Intel adalah MMX, SSE,SSE2, dan SSE3, tetapi pada AMD SSE2 dan 3DNow. Tetapi dari sekian banyak istruksi yang dipakai oleh intel sebetulnya telah ada dalam 3DNow-nya AMD yang tidak dimiliki oleh Intel.
  2. L1 pada Intel maksimal 32K, sedang pada AMD adalah 128K. Bedasarkan beberapa test AMD dengan L1 128K lebih unggul dibanding dengan Intel.
  3. Banyak transistor pada Intel 100 milyar sedang AMD 105 milyar.
  4. Banyaknya Decoder, Integer, FP pada intel lebih sedikit dibanding AMD yang secara signifikan perbedaan tersebut meningkatan kinerja dari AMD.
  5. Temperatur pada Intel dapat diatur oleh processornya sendiri (processor akan mengurangi kecepatan jika processor terlalu panas), pada AMD64 temperatur maksimum adalah 900C. Teknologi Intel lebih unggul dibanding AMD.
  6. AMD lebih unggul dalam pengolahan komunikasi aplikasi, seperti transfer data pada modem, ADSL, MP3, dan Doubly Digital Suround Sound.
  7. Pipeline pada intel lebih panjang dibanding dengan AMD, tetapi pipeline Intel bermasalah pada pertukaran tugas, sehingga pipeline intel kecepatannya melambat berada dibawah AMD.
  8. Intel menang di brand image dan marketnya, sedangkan AMD harganya yang lebih murah.
  9. Pada prosesor Intel Pentium 4 harga standard, kinerjanya lumanyan cepat. Memang sih, untuk urusan grafis masshi kalah dibanding dengan AMD, tapi paling tidak prosesor Intel tidak cepat panas.
  10. Pada prosesor AMD Athlon harga agak murah dibanding Intel. Grafis bagus banget, kecepatannya lumayan, tapi cepet banget panas dibandingkan Intel.
Lebih cepat mana ?

Perbedaan Intel dan Amd, dari segi penggunaanya, perangkat keras yaitu prosesor ini bagian penting dari komputer yang berfungsi sebagai inti dari kinerja komputer ini sendiri dimana semakin besar memori dan semakin banyak prosesornya semakin cepat juga kinerja yang di hasilkan oleh prosesor itu sendiri.
Prosesor yang cepat dapat kita lihat dari core (inti prosesor) semakin banyak core yang digunkan pada prosesor semakin cepat juga kinerja komputer yang kita gunakan. Mengapa demikian, karena prosesor bekerja didalam aplikasi-aplikasi program atau game yang kita pakai semakin banyak aplikasi yang kita jalankan semakin banyak juga prosesor kita gunakan.
Kesimpulan sebagai berikut :
  1. Untuk menggunakan prosesor Intel anda harus mengeluarkan banyak biaya apalagi dengan performanya tinggi yang di hasilkan oleh prosesor Intel yaitu Intel i7 dibandingkan dengan prosesor AMD anda tidak akan mengeluarkan banyak biaya dan performanya juga lumanyan bagus. Oleh karena itu untuk anda yang biayanya pas-pasan pilihlah prosesor AMD tapi kalau biaya yang anda punya lebih silahkan anda memilih prosesor Intel.
  2. Prosesor Intel dan Prosesor AMD telah di uji performannya ternyata prosesor intel lah yang kuat dalam hal apapun sedangkan prosesor AMD hanyalah pilihan kedua anda.
  3. Prosesor Intel lebih kuat dari porsesor AMD pada aplikasi multimedia, sebaliknya prosesor AMD menang dari prosesor Intel di gaming dan program 3D nya
  4. Ternyata AMD memiliki fitur smart detecting contohnya ketika kita melakukan multi tasking maka AMD akan mendeteksi mana yang sedang kita gunakan, dari situ AMD akan memfokuskan kepada aplikasi yang kita gunakan sedangkan sisanyadi buat sleep sementara
  5. INTEL lebih fokus kepada kecepatan sehingga inilah yang meyebabkan INTEL lebih cepat panas di bandingkan AMD, Tetapi Intel mampu mengurangi prosess nya sendiri ketika suhu panas.
Suhu Overheat sebenarnya juga tergantung kebutuhan kita makin tinggi pengerjaan nya otomatis makin cepat panas dari segi Intel ataupun amd maka dari itu biasa nya menambang fitur pendingin pada processor nya.
Perbedaan Intel dan Amd, Bahkan kabar terbaru sekarang ini :
  1.  Intel memiliki fitur INTEL MATRIX STORAGE ini fungsinya untuk memaksimalkan kerja procesor dan membantu dalam managemen memori
  2. Walaupun AMD kalah dalam berbagai test Benchmark tapi sebagaian besar para gamer memilih AMD sebagai prosesor untuk komputernya
  3. Mengenai socket motherboard, jika AMD mengeluarkan socket tipe terbaru maka socket yang tipe yang sebelumnya sudah tidak akan ada di pasaran(dis-continued), berbanding terbalik dengan intel walaupun tipe lama pasti masih di support bahkan di perbarui
Jadi setelah saya jelaskan panjang lebar silahkan kalian simpulkan sendiri mana merek Processor yang lebih bagus apakah Intel? ataukah AMD? . Sekian , Wassalamualaikum Wr .Wb

0 comments:

Post a Comment