Play Hard , Learn Hard

Monday, April 17, 2017

Konsep Kerja PBX pada Server Softswitch


Assalamualaikum Wr. Wb
Apa kabar teman – teman , pada kesempatan yang berbahagia ini , saya akan mencoba menyampaikan mengenai Konsep Kerja PBX pada Server Softswitch . Biasanya materi ini akan ada pada pembahasan pelajaran Komunikasi Data di semester 2 .  

Pengertian PBX
Apa itu PBX ? PBX atau kepanjangan dari private branch exchange adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke jaringan perusahaan lainnya di area yang lebih luas sehingga dapat tercakup oleh publik. PBX menghubungkan jaringan telepon dengan jaringan lokal dengan trunk, Trunk adalah penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui central office. Jaringan ini menggabungkan telepon dengan faksimile, modem, dan lain-lain yang menjadi perpanjangan dari kemampuan PBX sistem melalui trunk. Awalnya, keuntungan utama dari sistem PBX ini adalah penghematan biaya pada panggilan di karenakan tidak menggunakan pulsa dan menghindari tabrakan jaringan telepon internal dalam suatu tempat. Dari sini PBX mulai dikembangkan dan menjadi populer.

Fungsi PBX
Beberapa fungsi PBX sebagai berikut :
·         Penghubung antara jalur jaringan telepon dengan telepon dengan menggunakan nomer yang di tuju.
·         Menyediakan layanan akuntansi untuk kepentingan.
·         Menjaga sambungan selama menggunakan telepon.
·         Mematikan sambungan antara koneksi dengan perintah yang sesuai di telepon.
·         Layanan otomatis panggilan.

Konsep Kerja PBX pada Server Softswitch
Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP dan secara opsional VOIP gateway untuk terhubung ke jalur server, klien SIP, baik berupa software. Fungsi IP PBX mirip dengan cara kerja proxy server, Sebuah software contohnya softphone mendaftar ke IP PBX dan ketika mengalami panggilan secara otomatis semua sistem itu akan terhubung pada IP PBX dan IP PBX memiliki daftar semua ponsel sesuai SIP. Mereka dapat berhubungan dengan rute jaringan internal dan menggunakan gateway VoIP.

Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan . Semoga bermanfaat !

Wassalamualaikum Wr .Wb

0 comments:

Post a Comment