Play Hard , Learn Hard

Thursday, January 5, 2017

Penjadwalan Tugas Pada Sistem Operasi


Assalamualaikum Wr. Wb
Selamat malam pemirsa yang berbahagia , pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai penjadawalan tugas yang dilakukan pada sistem operasi terutama sistem operasi linux . Diharapkan setelah membaca artikel ini anda dapat memahami apa itu penjadwalan tugas itu . Sesungguhnya materi ini bukan merupakan dari pemahaman saya , namun berasal dari materi presentasi dari guru Sistem Operasi Jaringan saya . 


Apa itu penjadwalan tugas ??
Penjadwalan ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi user (administrator) untuk melakukan tugas-tugas pengelolaan sistem komputer tanpa harus berada di tempat .Pada sistem Linux ada banyak penjadwalan yang dapat dilakukan, seperti rotasi file log, pembaruan basisdata untuk program locate, backup, skrip perawatan (misalnya, penghapusan file temporari). Secara default semua user dapat membuat penjadwalan tugas, karena layanan cron membedakan penyimpanan untuk tiap user. Di UNIX/Linux penjadwalan ini disimpan pada file crontab untuk masing-masing user. Pembatasan terhadap user yang dapat membuat pejadwalan ini dapat dilakukan melalui file /etc/cron.allow, sedangkan file /etc/cron.deny digunakan untuk memblok user.
Terdapat dua aplikasi yang ada di Linux untuk penjadwalan ini, yakni cron (command run on) dan atd. Cron berguna untuk penjadwalan berulang, sedangkan atd untuk waktu tertentu. Cron ini di Linux diimplementasikan dalam bentuk layanan. Pada saat layanannya aktif maka semua tugas yang telah dijadwalkan akan dikerjakan sesuai waktunya. Sedangkan atd adalah program penjadwalan tugas yang hanya dikerjakan hanya satu kali pada waktu tertentu.

Apa saja jenis penjadwalan tugas??
Jenis penjadwalan berdasarkan waktu terjadinya : 
•Penjadwalan waktu berulang : Suatu program yang telah ditetapkan akan dijalankan berkali - kali, misalnya setiap jam atau setiap awal bulan.
•Penjadwalan waktu tertentu : Program akan dijalankan hanya satu kali sesuai waktu yang telah ditetapkan .

Bagaimanakah format pengaturan dalam penjadwalan tugas ??
Format file contrab 
       File crontab yang digunakan untuk menyimpan penjadwalan user memiliki format berikut.
Menit  Jam  Tanggal  Bulan  Hari  User  Perintah
Selain menggunakan format kolom diatas cron juga dapat dinyatakan menggunakan format berikut:
@waktu   perintah

Keterangan:
@waktu diatas digunakan untuk menunjuk format waktu default yang telah ditentukan oleh layanan cron.

Kesimpulannya .....
Penjadwalan tugas oleh user kepada sistem operasi memerlukan pemahaman perencanaan mengenai waktu-waktu terbaik untuk menjalankan setiap tugas agar tidak saling tumpang tindih antara satu dengan yang lainnya.
Pada sistem Linux terdapat aplikasi cron yang dapat digunakan untuk melakukan penjadwalan tugas. Setiap penjadwalan yang dilakukan berlaku hanya untuk user tersebut. Semua penjadwalan yang dihasilkan user akan disimpan pada file crontab. File crontab memiliki lima kolom utama pewaktuan, yakni menit, jam, tanggal, bulan dan hari.

Mungkin sekian hal yang dapat saya sampaikan .  Wassalamualaikum Wr. Wb

0 comments:

Post a Comment