Play Hard , Learn Hard

Tuesday, December 20, 2016

Trobleshooting (Masalah dan Solusi) pada Printer



Assalamualaikum Wr .Wb
Printer merupakan perangkat tambahan komputer yang digunakan untuk mencetak tulisan dan gambar pada sebuah kertas. Terkadang proses percetakan yang kita lakuakan tidak dapat berjalan dengan lancar sesuai yang kita inginkan . Ada saja hal yang dapat terjadi pada saat printer melakukan tugasnya . Tapi setiap masalah pasti ada solusinya selagi kita mau berusaha . Berikut beberapa masalah pada Printer dan solusinya .

Masalah : Proses cetak sangat lambat.
Solusi : Dalam keadaan normal, jika printer terlalu lambat dapat diatasi dengan mengurangi kualitas cetak output. Ini bisa dilakukan dengan mengubah setelan printer dari default beralih ke mode mencetak draft. Hanya saja kualitas printout menjadi sedikit menurun kualitasnya. Caranya adalah silakan buka [control panel] cari fasilitas [printer] lalu klik kanan ikon printer anda, lalu pilih [Properties]. Silakan cari pengaturan yang mengurangi kualitas cetak pada jendela ini. Biasanya ada 3 pilihan, High Quality, Normal dan Fast Draft.

Masalah : Biaya Ink dan/atau toner printer terlalu mahal.
Solusi : Jika anda pernah membuka websitenya PC World disana telah ditulis banyak tentang praktik licik industri percetakan selama bertahun-tahun. Mereka menjual printer dengan sangat murah tetapi dengan tinta berikut catridge yang mahal. Berdasarkan pengujian, saya tidak dapat merekomendasikan kartrid tinta isi ulang ulang yang disuntik karena hasilnya sama saja. Salah satu solusi hemat biaya adalah dengan membeli kartrid berkapasitas tinggi atau dengan sistem tinta toner. Artinya jika Anda mencetak banyak, cobalah kartrid tinta dengan hasil halaman lebih dari 250, atau tabung toner dengan hasil 2.000 halaman plus.

Masalah: Windows 7 sering mengirim pekerjaan untuk dicetak ke printer yang keliru. 
Solusi : Untuk beberapa alasan yang misterius, Windows melakukan kesalahan ini terutama mereka yang baru upgrade dari Vista ke Windows 7) Untuk memperbaiki kesalahan ini pada Windows 7, klik [Start] dan pilih [Devices dan Print..] Dalam jendela [Printers and Faxes], klik kanan printer yang anda Anda gunakan saat ini lalu tetapkan sebagai default printer.

Masalah :  Hasil cetak terlalu kabur, terlalu berbintik, atau memiliki garis horizontal. 
Solusi : Printer Anda mungkin tersumbat pada bagian head, masalah ini dapat terjadi jika Anda menggunakan printer inkjet dan jarang digunakan. Program utilitas printer Anda bisa membersihkan head tinta yang kering, dan mencetak halaman uji untuk diamati hasilnya. Ini bisa dilakukan melalui fasilitas cleaning.

Masalah :  Indikator printer tinta kartrid mengatakan tinta kosong, padahal baru saja diisi.
Solusi : Anda mungkin benar. Indikator pada printer seringkali tidak dapat diandalkan. Lakukan proses cleaning dan lihat lagi hasilnya. Solusi lain mengenai masalah ini dijawab oleh produk Epson dan HP yang menggunakan sistem reset kartrid setelah diisi tinta.

Masalah : Printer nirkabel terlalu lambat.
Solusi : Untuk mendapatkan performa terbaik dari sebuah printer jaringan, sulit untuk mengalahkan sambungan, kabel-kabel Ethernet-to-router. Metode Wireless mungkin lebih nyaman di banyak rumah dan kantor, tetapi memiliki keterbatasan. Masalah diatas bisa disebabkan oleh jarak dengan router. Silakan tempatkan printer nirkabelAnda sedekat mungkin ke router. Selain itu, pastikan Wi-Fi printer atau server cetak nirkabel yang terhubung sudah mendukung spec 802.11n, yang dapat menyaingi kinerja Ethernet 100 mbps.

Masalah : Saya menggunakan kartrid tinta isi ulang dan hasil cetak kelihatan jelek sekali.
Solusi : Saya sarankan mengisi ulang katrid dengan tinta yang kualitas terbaik dan langsung dari pabriknya. Produk pihak ketiga dapat menghemat uang anda, tetapi konsekuensinya adalah kualitas cetakan pasti jelek. Alasan lain adalah jika anda mengisi yang kualitas jelek maka tinta terbuang sia-sia. Di Indonesia 40 persen dari tinta yang diisi ulang terbuang percuma dan tidak terpakai.

Masalah : Saya tidak tahu bagaimana mencetak teks yang lebih dari satu halaman dalam satu kertas.
Solusi : Menyusutkan teks dari dua halaman kedalam satu lembar cetakan akan menghemat uang. Ini adalah pendekatan dua untuk satu yang terbaik untuk spreadsheet, receipts, dan dokumen lain yang masih dapat dibaca walaupun telah disusutkan. Dalam setiap program Windows, pilih [Print and Properties], dan kemudian mencari pengaturan printer yang memungkinkan Andameningkatkan jumlah halaman per lembar.

Mungkin sekian solusi dari saya . Semoga bermanfaat , apabila ada kekurangan atau kesalahan silahkan berikan saran anda di kolom komentar atau bisa hubungi saya melalui mlutfi2812@gmail.com .

Wassalamualaikum Wr. Wb 

0 comments:

Post a Comment