Play Hard , Learn Hard

Tuesday, December 6, 2016

Perangkat Pheripheral Komputer


Assalamualaikum Wr. Wb
Pheripheral Komputer merupakan hardware tambahan yang disambungkan ke komputer , biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral komputet bertugas menylesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang dalam casing . Peripheral komputer sendiri meliputi peripheral input , peripheral output , dan peripheral proses

Peripheral Output 
Peripheral output adalah perangkat keras tambahan komputer untuk menampilkan hasil olahan komputer dalam bentuk grafis maupun teks secara visual dalam bentuk cetakan. Perangkat tersebut antara lain monitor, printer, plotter, speaker, dan lain-lain.
Speaker

Speaker adalah perangkat keras untuk menghasilkan suara. Jenis lain dari speaker adalah headset atau earphone. Kita dapat mendengarkan hasil keluaran berupa suara dari komputer melalui speaker.
Proyektor

Infocus atau juga disebut proyektor merupakan alat digunakan untuk presentasi, yang dihubungkan ke komputer untuk menampilkan apa yang ada pada monitor ke suatu screen (layar) ataupun dinding.
Plotter

Plotter adalah media cetak seperti printer namun memiliki ukuran yang lebih besar serta kegunaan yang optimal untuk objek gambar.
Printer

Printer merupakan alat yang digunakan untuk mencetak keluaran dari proses yang dilakukan oleh komputer baik tulisan maupun grafik secara langsung dengan menggunakan media kertas ataupun yang lainnya. Ada tiga jenis printer yang beredar dipasaran :
  • Printer Dot Matrik, merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakannya.
  • Printer Ink Jet, menggunakan tinta.
  • Printer Laser Jet, menggunakan serbuk laser. 
Monitor

Monitor adalah output device / alat keluaran yang berfugsi untuk menampilkan gambar pada layar.
Gambar yang ditampilkan berasal dari proses grafis yang dilakukan oleh VGA Card.

Peripheral Input 
Peripheral Input adalah perangkat keras tambahan yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat komputer tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital, microphone, dan peripheral lainnya.
Scanner

Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi, scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar
Keyboard

Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
Jenis-Jenis Keyboard Komputer berdasarkan susunan tombolnya terdiri atas : 
  1. QWERTY
  2. DVORAK
  3. KLOCKENBERG
  4. CHORD
  5. MALTRON
  6. Proyeksi
Mouse

Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Sinyalsinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.
Light pen

Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Joy stick

Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Barcode

Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik, buku dan lainnya. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan menggunakan barcode
Microfon

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.

Sekian dari saya , Semoga bermanfaat .
Wassalamualaikum wr . wb
Jangan lupa comment and share


0 comments:

Post a Comment