Saturday, December 31, 2016

Bagian – Bagian Komputer dan Fungsinya .

9:31 PM

Casing .
Casing  berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya . Melindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran . Casing juga menjadi penting karena hampir semua periferal macam motherboard, CD-ROM drive, harddisk, dan floppy drive menggunakan casing ini sebagai tempat dudukannya alias tempat bekerjanya sehari-hari .


Motherboard .

Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik atau komponen komputer lainnya saling terhubung seperti seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain . . Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.
Motherboard  merupakan saraf  pusat  (otak)  dalam  sistem  komputer.  Semua hal  dalam  sistem  yang  terhubung  dalam  komputer,  dikontrol  atau  dikendalikan oleh  motherboard  untuk  berkomunikasi  dengan  peranti  yang  lainnya  dalam sistem.Sistem  board  biasanya  merupakan  tempat  dari  beberapa  komponen  berikut  ini:  CPU  ,  Circuit  pengontrol,  Bus/adapter,  RAM  ,  Slot  ekspansi  untuk board  tambahan,  port  untuk  peranti  ekternal,  Complementary  Metal-Oxide Semiconductor (CMOS, dibaca C moss), Read Only memory (ROM) lainnya, chip BIOS, support chip yang memiliki fungsi yang bervariasi.

Power Supply .

Power supply penting untuk dipahami karena alat ini menyediakan tenaga listrik bagi  semua  komponen  di  dalam  unit  sistem.  Dulunya,  power  supply  juga mensuplai  arus  bolak  balik  (AC  –  alternating  current)  untuk  layar  monitor.  Kini masih dapat ditemukan unit power supply yang menyediakan tenaga listrik AC. Unit  ini  dapat  dikenali  dengan  adanya  dua  stopkontak  listrik  pada  bagian belakangnya.  Power  supply  komputer  memiliki   peranan  penting  (critial  role) dalam  mengkonversi  tenaga  listrik  komersial  yang  diterima  dari  saluran  arus bolak-balik  120-volt,  60-Hz  atau  220-volt,  50-Hz  di  luar  AS.,  menjadi  tegangan lain sesuai dengan yang dibutuhkan oleh komponen-komponen komputer. Power supply juga menyediakan ground bagi sistem. Artinya power supply berfungsi merubah tegangan DC menjadi AC atau sebagai pengatur arus tegangan listrik untuk dibagikan ke komponen-komponen lainnya.
                                          
Harddisk .
Hard disk drive (HDD) adalah media penyimpanan utama pada komputer Cakram keras (harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

VGA Card

Hard disk drive (HDD) adalah media penyimpanan utama pada komputer Cakram keras (harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

LAN Card (NIC)
Kartu jaringan (network interface card  disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.


Optical Drive



CD-ROM (compact disc read-only memory ) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita. CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.




Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 GuruOnline. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top