Play Hard , Learn Hard

Sunday, November 27, 2016

Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi


Assalamualaikum wr.wb
Malam semua .. Bagaimana kabarnya ?? sehat - sehat saja kan. "Bangsa yang baik adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dan mengetahui sejarahnya " . Sama halnya seperti pepatah tersebut , Kita sebagai pengguna perangkat komputer harus mengetahui bagaimana sejarahnya dan perkembangan dari masa ke masa . Nahh , dikesempatan kali ini saya mau sedikit bercerita tentang perkembangan komputer dari generasi ke generasi . 



1. Komputer generasi pertama (1940-1959) .

Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data . Komputer pada generasi ini sangat mudah panas dan mudah terbakar . Oleh karena itu beribu – ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan proses operasi keseluruhan komputer . Alat ini juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik dikawasan sekitarnya . Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat.

2. Komputer generasi kedua (1959 – 1964).
Pada tahun 1948 , telah ditemuka sebuah perangkat bernama transistor . Penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer . Transistor menggantikan tabung vakum . Akibatnya , ukuran mesin- mesin elektrik berkurang drastis . Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956 . Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil , lebih cepat , lebih dapat dihandalkan , dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya . Mesin pertama yang pertama memanfaatkan teknologi ini adalah superkomputer .Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly . Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan – singkatan untuk menggantikan kode biner . komputer – komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor . Mereka juga memiliki komponen – komponen yang dapat diasosiakan dengan komputer pada saat ini .

3. Komputer generasi ketiga (1964 – awal 80-an)

Walaupun transistor mengungguli tabung vakum , namun transistor mnghasilkan panas yang cukup besar , yang dapat berpotensi merusak bagian – bagian internal komputer . Batu kuarsa  (quartz rock ) menghilangkan masalah ini . Jack Kilby , seorang insinyur di Texas Instrument , mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : Integreted Circuit ) di tahun 1958 . IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah pirirngan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa . Para ilmuwan kemudian berhasil memasukan lebih banyak komponen – komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor . Hasilnya , komputer menjadi semakin kecil karena komponen – komponen dapat dipadatkan dalam chip . Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah pengguanaan sistem operasi (Operating System ) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer .

4. Komputer generasi keempat (awal 80-an - ??? )

Setelah IC , tujuan pengembangan menjadi lebih jelas : mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen – komponen elaktrik . Large Scale Integration (LSI ) dapat memuat ratusan komponen dalam chip . Pada tahun 1980-an , Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal . Ultra Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan . Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam satu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer . Hal tersebut juga  meningkatkan  daya  kerja,  efisiensi  dan  keterandalan  komputer.  Chip Intel  4004  yang  dibuat  pada  tahun  1971  membawa  kemajuan  pada  IC  dengan  meletakkan  seluruh  komponen  dari  sebuah  komputer  (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang  spesifik.  Sekarang,  sebuah  mikroprosesor  dapat  diproduksi  dan kemudian  diprogram  untuk  memenuhi  seluruh  kebutuhan  yang  diinginkan. Tidak  lama  kemudian,  setiap  perangkat  rumah  tangga  seperti  microwave oven,  televisi,  dn  mobil  dengan  electronic  fuel  injection  dilengkapi  dengan mikroprosesor.

5. Komputer Generasi kelima (masa depan).
Banyak  kemajuan  di  bidang  desain  komputer  dan  teknologi  semakin memungkinkan  pembuatan  komputer  generasi  kelima.  Dua  kemajuan  rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan  menggantikan  model  nonNeumann.  Model  non  Neumann  akan  digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara  serempak.  Kemajuan  lain  adalah  teknologi  superkonduktor  yang memungkinkan  aliran  elektrik  tanpa  ada  hambatan  apapun,  yang  nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang  adalah  negara  yang  terkenal  dalam  sosialisasi  jargon  dan  proyek  komputer  generasi  kelima. Lembaga  ICOT  (Institute  for  new  Computer Technology)  juga  dibentuk  untuk  merealisasikannya.  Banyak  kabar  yang menyatakan  bahwa  proyek  ini  telah  gagal,  namun  beberapa  informasi  lain bahwa  keberhasilan  proyek  komputer  generasi  kelima  ini  akan  membawa perubahan  baru  paradigma  komputerisasi  di  dunia.  Kita  tunggu  informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil. 

 OK , Sekian cerita dari saya .Untuk yang mau request postingan selanjutnya silahkan coret - coret di bawah !!!
Wassalamualaikum Wr.Wb                                                        

0 comments:

Post a Comment